Kamis, 10 Mei 2018

Berkreasi dan Bermain Warna di Lancar Paint Expo 2018

Apa warnamu hari ini ?
Apapun itu, yang pasti warna itu dapat mengubah suasana. Yang tadinya mendung bisa menjadi ceria, bisa juga sebaliknya. 
Warna-warna hadir untuk memberi makna, bahwa di dunia itu tidak ada yang sama, selalu ada perbedaan antara satu dengan yang lainnya. Namun justru itu yang membuat semarak dunia, asal kita bijak menyikapinya.

***

Hari Rabu 9 Mei 2018 lalu saya bersama teman-teman blogger Jogja berkesempatan untuk mengikuti acara workshop Jar Colouring yang merupakan salah satu acara dalam gelaran Lancar Paint Expo 2018 yang diselenggarakan di Atrium plaza Ambarukmo Jogjakarta mulai tanggal 9 -13 Mei 2018. 

Pameran yang menghadirkan 14 merk cat ini merupakan bagian dari upaya Toko Cat Lancar untuk lebih dekat dengan masyarakat dan para konsumennya.

Salah satu stand di Lancar Paint Expo 2018 (doc.pri)
Dalam acara Lancar Paint Expo 2018 kali ini, selain ada penawaran istimewa berupa diskon hingga 50%, digelar juga aneka kegiatan menarik untuk diikuti. Salah satunya workshop jar colouring yang dipandu oleh Mak Lusi, seorang blogger sekaligus salah satu pegiat DIY dan craft yang cukup berpengalaman.

Para blogger berfoto bersama (doc. Arry)
Acara yang dipandu oleh Mbak Manda selaku MC ini berlangsung dengan lancar dan meriah. Diawali dengan pembukaan, dan dilanjutkan dengan talkshow oleh Mas Faiz selaku bisnis development Toko Cat Lancar yang memberikan penjelasan tentang serba-serbi Toko Cat Lancar, serta ditutup dengan workshop mewarnai jar dan toples.

Penasaran dengan keseruan acara yang saya ikuti? Simak cerita saya ini...

Mengenal Toko Cat Lancar
Toko Cat Lancar merupakan usaha keluarga yang sudah hadir melayani masyarakat selama lebih dari 30 tahun, yakni sejak tahun 1978. Berawal dari sebuah toko besi, yang kemudian fokus pada penjualan produk cat, Toko Cat Lancar berkembang pesat hingga saat ini telah memiliki 18 cabang yang tersebar di DIY dan Jawa Tengah.

Mas Faiz menyampaikan paparannya tentang Toko Cat Lancar (doc.pri)
Didorong keinginan untuk meningkatkan performa dalam memberi layanan yang terbaik kepada masyarakat sekaligus berbagi manfaat di bidang sosial dan pendidikan inilah kemudian Lancar Paint Center (LPC) resmi diluncurkan pada tanggal 18 Januari 2018. Layanan ini sekaligus menjadi pembeda antara Toko Cat Lancar dengan toko-toko cat lainnya, dan satu-satunya layanan yang saat ini ada.

Adapun layanan yang tercakup dalam LPC ini ada 8 jenis, yakni :
1. Lancar Painting Service
Merupakan layanan jasa pengecatan profesional dan bergaransi yang memberikan layanan skala besar maupun kecil, interior maupun eksterior. Layanan yang diberikan meliputi konsultasi pemilihan warna (agar setiap ruang memiliki warna cat sesuai peruntukkannya), pengerjaan, hingga supervisi untuk memastikan rangkaian proses pengecatan sesuai dengan keinginan konsumen. Layanan ini sangat membantu untuk teman-teman yang menyukai hal yang praktis dan tidak ribet. Pihak-pihak yang pernah memanfaatkan layanan ini diantaranya Jogja City Mall, BRI, dan hotel Tentrem.

2. Lancar Care
Adalah layanan konsultasi untuk membantu mengatasi semua permasalahan cat dan pengecatan seperti cat mengelupas, berjamur, pudar, dan lain-lain. Untuk membantu mengatasi masalah yang ada, tim Lancar Care akan datang ke lokasi kita dan melakukan pengecekan terhadap ph, kelembaban, dll, agar ditemukan solusi yang pas dan sesuai dengan permasalahan kita. Dan hebatnya lagi, seluruh layanan ini free alias gratis lho..

3. Lancar Home Service 
Layanan ini diperuntukkan bagi teman-teman yang sibuk, sehingga tidak sempat ke toko, namun membutuhkan cat dengan segera. Dengan layanan home service segala masalah kita akan teratasi. Cukup hubungi call center LPC, maka LPC akan mengirimkan tim terbaik untuk melayani kebutuhan kita, termasuk konsultasi pemilihan warna dan produk sesuai kebutuhan. Dengan layanan ini, maka transaksi dapat dilakukan kapanpun kita mau dan dimanapun kita berada. 

4. Lancar Delivery
Dengan layanan ini, segala produk yang kita beli siap diantar ke lokasi. Dimana untuk memperlancar proses pengiriman, unit armada delivery Toko Cat Lancar telah dilengkapi dengan kendaraan roda 2, roda 3, mobil box maupun armada truk. Sehingga siap melayani pengiriman dalam jumlah kecil maupun besar. 

5. Lancar Easy
Adalah layanan berupa aplikasi mobile berbasis android, yang dapat diakses secara online sehingga kita dapat melakukan transaksi tanpa meninggalkan aktifitas kita.

6. Lancar Academy
Merupakan layanan pendidikan dan pelatihan untuk membentuk dan menghasilkan tenaga ahli cat dan pengecatan yang profesional. Yang bisa dimanfaatkan oleh siapapun. Program ini juga melayani in house training. Salah satu instansi yang pernah memanfaatkan layanan Lancar Academy adalah bagian pemeliharaan gedung dari Taman Pintar Yogyakarta.

7. Lancar Go
Merupakan unit mobile Lancar Paint Center, berupa armada paint truck yang akan berkeliling ke lokasi-lokasi atau kampung-kampung yang terpilih. Layanan ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang produk dari Toko Cat Lancar dan mengajak publik bersinergi dalam social movement yang berlandaskan semangat untuk bersama membangun kota,  misalnya melalui program pengecatan fasilitas kampung.

8. Lancar Community
Melalui layanan ini, Toko Cat Lancar berinisiasi untuk menjadi wadah berbagi wawasan dan ilmu lintas bidang, dengan semangat guyup rukun migunani tumpraping liyan. Bisa diikuti oleh siapa saja, dengan batasan usia minimal 17 tahun.

Tidak hanya layanan LPC, Toko Cat Lancar juga memiliki program aplikasi yang didedikasikan untuk pelanggan Toko Cat Lancar, yang berfungsi sebagai kartu member virtual. Yakni melalui aplikasi Sahabat Lancar yang dapat diunduh di play store.  Dengan mengunduh aplikasi ini, kita akan langsung mendapat fasilitas :
  • Gratis bonus 10.000 lancar poin yang langsung bisa ditukar dengan potongan harga pada transaksi pertama. 
  • Penawaran harga khusus
  • Poin reward di setiap transaksi dengan fasilitas : Silver untuk pembelanjaan  0-10 juta, Gold untuk pembelanjaan 10-100 juta, dan Platinum untuk pembelanjaan diatas 100 juta
  • Info update Toko Cat Lancar

Dengan layanan-layanan yang tercakup dalam Lancar Paint Service maupun program Sahabat Lancar ini, diharapkan Toko Cat Lancar dapat memberikan solusi dan menjadi pilihan untuk semua yang berhubungan dengan masalah cat dan pengecatan. Sesuai dengan tagline dari Toko Cat Lancar : "Urusan cat, pasti Lancar..."

Narsis dulu (doc.pri)
Nah, bagi teman-teman yang tertarik dan ingin tahu lebih banyak tentang Toko Cat Lancar berikut layanannya dapat menghubungi hotline service di nomor 082223800800. Atau pantengin ignya di tokocatlancar_id. Mumpung masih pameran juga lho...jadi masih banyak promo dan kegiatan serunya.

Beberapa agenda acara di Lancar Paint Expo

Workshop Jar Colouring
Setelah pemaparan dari Mas Faiz, acara selanjutnya adalah workshop mewarnai toples dan jar. Dalam kegiatan ini masing-masing kami diajak untuk berkreasi menghias toples dan jar sesuai kreatifitas kami.

Mak Lusi tengah menyampaikan materi (doc.pri)
Di atas meja, sudah disediakan berbagai bahan yang kami perlukan, mulai dari pernak-pernik berupa pita, bunga-bunga kecil, kain goni, kertas warna-warni, gunting, lem, maupun tali.

Aneka pernik yang disediakan (doc.pri)
Disediakan pula kuas dan cat premium interior oleh pihak Toko Cat Lancar, yang memiliki keistimewaan mudah menempel meskipun di permukaan yang licin, dan tidak berbau. Selain itu cat ini mudah kering, dengan hasil warna doff.  Ada 3 warna yang disediakan, yakni biru, tosca, dan orange.

Jar dan kuas saya (doc.pri)
Masing-masing peserta memperoleh toples, botol, maupun tempat minum (jar) untuk dihias. Saya sendiri memperoleh jar. Dan karena ini adalah kali pertama saya bermain warna, saya sempat bingung mau membuat apa. Akhirnya asal coret-coret saja, dan hasilnya sangat jauh dari sempurna. Meskipun demikian, saya merasakan keasyikan ketika mengerjakannya. Bisa untuk menghilangkan stress juga ternyata, bermain padu warna dan segala pernak-perniknya.

Saya mulai bermain warna (doc.pri)

Hasilnya seperti buatan anak TK hehe..(doc.pri)

Kuas-kuas yang selesai menjalankan tugasnya (doc.pri)
Saya lihat teman-teman yang lain juga menikmatinya. Bahkan ada yang terlihat bersemangat sekali, menggoreskan kuas dan menghiasnya dengan pernik-pernik yang ada. Hasilnya pun unik-unik semua. Bagi saya ini adalah pengalaman yang berharga, bisa untuk alternatif kegiatan bila bosan melanda. Cukup ambil botol-botol atau toples-toples bekas yang dipunya, terus dicorat-coret dengan warna suka-suka. Bisa untuk tempat pensil, wadah bumbu, atau hiasan meja.
Mbak Sasa tengah serius menghias toplesnya (doc.pri)
Wah, ternyata waktu 1,5 jam berlangsung demikian cepat. Tiba waktunya kami untuk menyudahi kegiatan ini. Sudah siap "dewan juri" yang akan memilih yang terbaik diantara karya-karya kami. Dan sudah bisa ditebak, buatan saya tentu tidak masuk nominasi. Walaupun begitu, saya tetap menikmati keriangan ini.

Karya-karya dari peserta (doc.pri)
Besok kapan-kapan, saya berencana untuk main-main cat lagi. Toh Toko Cat Lancar mudah dijumpai di kota Jogja ini. Salah satu yang terdekat adalah di Jalan Mangkubumi. Bagaimana? Teman-teman berminat juga untuk main-main cat ? Jangan lupa, ke Toko Cat Lancar ya...

Salam...

14 komentar:

  1. Terima kasih sudah datang ya. Semoga jadi banyak ide buat ngecat. Ngecat nggak harus di tembok. Heheheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak...semoga bisa membuat saya jadi lebih kreatif lagi..hihi..

      Hapus
  2. Acara kemarin nambah wawasan bnget buatku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak..kupikir mengecat itu susah dan bau catnya bakalan menyengat. Ternyata ini nggak ya...cepet kering juga..

      Hapus
  3. Asyik acaranya mbk. Nambah pengalaman nih buat berkreasi. Btw aku mau meluncur langsung ah ke ig nya tokocatlancar ah. Mau ngintip2 cat2 nya dlu.
    Makasih sharenya ya mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mbak..langsung borong-borong juga ya...hihi..

      Hapus
  4. Program menggandeng berbagai komunitas itu lho sangat keren. Toko cat kok ngguyubi komunitas. Baru ada satu ini di Indonesia deh kayaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul...salah satu pembeda Toko Cat Lancar dengan toko-toko cat lainnya...

      Hapus
  5. Ngoles-ngoles cat seruuuu ya mbak :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak...bisa nyegerin pikiran juga ternyata..

      Hapus
  6. Ngecat itu, sesuatu ya. Toples aja aku warnain, apalagi hari-hari kamu. #eaaaa....

    BalasHapus
  7. Asik banget, dari ngecat bisa bikin karya yang menarik

    BalasHapus