Jumat, 27 April 2018

Surga Makanan itu Bernama Jogja Paradise Food Court

Pernah mengalami kebingungan karena disuguhi aneka makanan yang semua menggugah selera? Saya pernah. Yaitu pada saat saya menghadiri undangan Foodblogger dan Foodgramer Gathering dari Jogja Paradise Food Court, yang bertajuk Jogja Paradise Reborn, pada hari Kamis, 26 April 2018 pukul 11.00 WIB lalu.

Food blogger dan food gramer gathering (doc : Jogja Paradise)
Jogja Paradise Food Court adalah sebuah tempat makan yang terletak di pintu gerbang Jogja bagian utara, tepatnya di Jl. Magelang km 6 (depan Hotel Rich) Yogyakarta. Saat ini memiliki 19 tenant yang aktif beroperasi. Setiap tenant memiliki menu yang mereka jadikan unggulan. Dan dalam acara Foodblogger dan Foodgramer Gathering tersebut kami diberikan kesempatan untuk mencicipi hidangan-hidangan yang menjadi kebanggaan mereka. 

Ada sekitar 25 orang yang hadir dalam acara itu, yang terdiri dari foodblogger, foodgramer, dan juga local guide. Acara berlangsung di Bless Coffee, salah satu tenant dari Jogja Paradise Food Court, dengan dipandu oleh Mbak Tika dan Mbak Febi. Diawali dengan sessi perkenalan dari yang hadir, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan atau pemaparan dari Bapak Wijaya selaku penanggung jawab dari Jogja Paradise Food Court.

Mbak Tika membuka acara (doc.pri)
Dari penjelasan Bapak Wijaya, kami jadi tahu banyak tentang Jogja Paradise Food Court, baik mengenai sejarah, menu-menu unggulan, sampai konsep baru yang hendak diusungnya. 

Sejarah Jogja Paradise Food Court
Jogja Paradise Food Court berdiri pada bulan Agustus 2012, dengan menempati lahan seluas 5450 m2. dan bangunan seluas 1309 m2. Dengan lokasinya yang strategis, Jogja Paradise memiliki visi menjadi tempat wisata kuliner terbesar dan terbaik di Kota Yogyakarta.
Bapak Wijaya menyampaikan pemaparannya (doc.pri)
Dan untuk mewujudkan visinya tersebut, Jogja Paradise memfokuskan pada 3 hal yakni : 
1. Memberikan kepuasan dan kenyamanan terhadap para pelanggan. 
Hal ini dilakukan antara lain dengan menyediakan fasitas play ground baik out door maupun indoor, mushola, taman, meeting room, hiburan live music, panggung terbuka, tempat parkir yang luas, dan sambungan wifi yang kencang.
Fasilitas play ground indoor (sumber : jogjaparadisefoodcourt)

Salah satu meeting room di Jogja Paradise
2. Membangun hubungan baik dengan mitra usaha dan para pelanggan. Diantaranya dengan pengadaan program atau event spesial yang dapat mendatangkan pengunjung ke Jogja Paradise maupun pemberian diskon spesial untuk event-event tertentu kepada pelanggan. 

Saat ini, Jogja Paradise Food Court memiliki 21 tenant, 19 sudah beroperasi, sedangkan 2 lagi masih on proses. Beberapa dari tenant merupakan brand yang sudah punya nama sedangkan tenant-tenant yang lain masih baru. Jogja Paradise memang sengaja memberi kesempatan kepada tenant-tenant baru untuk berkiprah, karena salah satu tujuan dari Jogja paradise adalah mendorong UMKM agar maju dan siap bersaing dengan brand lain yang sudah punya nama.

Adapun tenant-tenant yang ada di Jogja Paradise Food Court adalah : Gudeg Bu Nur Wijilan, Steamboat & friend, Es Murni, Mbok Berek Garden, Sambal Jahanam, Joglo, Snick snack, Rujak Cingur dan tahu tek Paijo, Food story, Bless Coffee, Sate Ratu, Bakso Rahayu Salatiga, Ah Moy, Sushi story, Steak addict, Sop empal Yoeni, DC2, Mie Jakarta, dan Mie Surabaya. Sedang 2 tenant lain yang masih dalam proses adalah lunchbox dan master seafood. 

3. Mengembangkan inovasi menu dan pelayanan yang exellent. Hal ini antara lain dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada pelanggan yang datang dan meminta para pelanggan untuk mengisinya. Kuesioner ini berguna sebagai masukan kepada pihak Jogja Paradise mengenai cita rasa masakan yang disediakan berikut layanan dan fasilitas lain yang ada. Dengan cara ini diharapkan akan diperoleh feed back yang baik bagi pengelola untuk meningkatkan dan menjaga layanannya.

Bless Coffee and Eatery
Bless Coffee adalah salah satu tenant yang ada di Jogja Paradise yang kebetulan menjadi venue dilaksanakannya acara foodblogger dan foodgramer gathering. Sehingga kami punya banyak kesempatan untuk mengeksplornya. Menempati bangunan di sebelah utara, Bless Coffee ini sangat cocok untuk kalangan muda. Dengan aneka makanan dan minuman yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan selera. 

Bless Coffee juga memiliki co working space di lantai 2 yang siap digunakan sesuai kebutuhan dengan harga yang relatif terjangkau dengan fasilitas yang memadai. Bila teman-teman tertarik dengan info ini, silakan hubungi Bless Coffee&Eatery.

Fasilitas di Bless Coffee (sumber : Blesscoffee)
Dalam acara gathering kemarin, kami juga berkesempatan menyaksikan live cooking dari chef Bless Coffee. Menu yang ditampilkan adalah menu unggulannya yakni burger dan roti bakar. Burger dari Bless coffee ini bercita rasa Amerika. Dengan menggunakan daging patty yang tebal lengkap dengan keju, sayuran, dan juga acar, dipadukan roti bun yang empuk.

Live coocking Bless Coffee (doc.Pri)
Dalam live cooking kali ini disajikan cara membuat double deluxe burger, dengan menggunakan 2 buah daging patty, 1 slice daging asap, sayuran, red keju, serta saos sambal. Ditampilkan juga cara membuat roti bakar ala Bless Coffee yang menggunakan isian coklat, meses, susu, dan keju.

Double deluxe burger (doc. pri)
Selain makanan, Bless coffee juga menyajikan minuman unggulannya. Yakni minuman semacam mojito yang bernama sangria dan shake yang bernama cleopatra freakshakes.

Sangria dan cleopatra freak shake (doc.pri)
Tampilannya keduanya aduhai menggoda, terutama sangrianya. Warna merah, bercampur dengan bermacam-macam buah duuhh..pasti terasa segar sekali. 

Menu-Menu Unggulan di Jogja Paradise Food Court
Selesai menyaksikan live cooking dari bless coffee kami diajak menuju bangunan utama. Tempat sebagaian besar tenant membuka outletnya. Dan di sana, mata kami dimanja dengan parade hidangan dari para tenant yang sudah tersaji di meja. 

Bukan foodblogger dan foodgramer namanya kalau tidak manfaatkan momen itu untuk mengabadikan gambar-gambarnya. Semua dari kami mengeluarkan senjata. Kamera dan juga ponsel pintar mulai melakukan aksinya. Di meja panjang itu hampir semua hidangan ada, dari minuman, snack pembuka, hidangan utama, sampai hidangan penutup. Dari yang khas nusantara, sampai bercita rasa manca.

Rujak cingur dan tahu tek paijo (doc pri)

Menu unggulan dari steak addict (doc pri)
Selesai foto-foto, tibalah saat mencicipi aneka hidangan yang ada. Duh bingung mau pilih yang mana. Ada wagyu steak dan texas smoked brisket dari steak addict, ada sate goreng dari Joglo, rujak cingur, bakso, mie ayam pelangi dan masih banyak lagi. Dan semua seakan memanggil untuk dinikmati. 

Namun karena pertimbangan kekuatan perut, akhirnya saya membuat pilihan, untuk minuman saya memilih sangria untuk saya coba. Sedang untuk snacknya saya mencomot takoyaki keju dari snick snack dan takoyaki dari sushi story. Untuk menu utama saya mencoba double deluxe burger dari bless coffee, crippza dari sambal jahanam, dan sate lilit dari sate ayu.
Dan berikut pendapat saya mengenai hidangan yang saya coba..

Untuk takoyaki keju dari snick snack lumayan enak, cocok dimakan sebagai teman ngobrol sambil menunggu menu utama datang. Kalau dibandingkan dengan takoyaki dari sushi story, memang berbeda cita rasanya. Untuk yang sushi story lebih kaya rasa karena ada taburan katsuobushi di atasnya. Sehingga sensasinya berbeda. Tetapi dua-duanya saya suka.

Takoyaki keju dari snick snack (doc pri)

Takoyaki dan menu lain dari sushi story (doc.pri)
Untuk double deluxe burger, ukurannya memang raksasa, saya menikmati berempat bareng teman-teman saya. Rasa pattynya lezat, juicy, dengan paduan red keju yang gurihnya bikin nagih. Kalau ada yang saya merasa agak perlu diberi sentuhan adalah roti bunnya. Yang menurut saya akan lebih lezat kalau ketika dipanggang bagian atasnya juga diberi olesan mentega. Sehingga roti lebih lembab, tidak kering.

Selanjutnya saya mencoba crippza, sebenarnya saya masih asing dengan nama makanannya, dan belum ada bayangan rasanya seperti apa. Saya hanya tahu bagian atasnya diberi lelehan keju mozzarella, dan sebagai keju lover saya merasa tertarik untuk mencoba.

Crippza dan menu lain dari sambal jahanam (doc pri)
Dan ternyata hidangan ini juara, terbuat dari ayam yang digoreng (mungkin semacam steak ayam) dengan lelehan mozzarella di atasnya. Rasa ayam dan keju mozzarellanya menyatu sekali, membuat ingin nambah lagi dan lagi. Crippza ini olahan dari Sambal Jahanam. Agak merasa aneh juga, Sambal Jahanam mengeluarkan menu crippza yang (kalau menurut saya) bercita rasa Italia..hihi.. Soalnya kalau dari namanya Sambal Jahanam lebih identik mengeluarkan menu pedas khas nusantara. Seperti ayam sambal ijo misalnya.

Menu selanjutnya yang saya coba adalah sate lilit dari sate ayu. Rasanya enak sekali. Dagingnya tebal, dan tidak kering. Dengan bumbu yang pas, sehingga terasa lezat dan nikmat. 

Sate lilit dan sate merah dari sate ayu (doc.pri)  
Akhirnya karena perut sudah kepenuhan, petualangan rasa saya sudahi. Meskipun jujur, rasa penasaran untuk mencicipi menu yang lain belum terobati. Dan Segelas sangria menutup sessi icip-icip saya. Minuman yang segar sangat pas dinikmati di siang hari. Dengan rasa manis yang tidak terlalu mendominasi.

Sedangkan menu-menu yang lain, untuk sementara saya puas menikmatinya lewat jepretan kamera saja.

Menu unggulan dari sop Yoeni (doc.pri)

Menu unggulan dari mie Jakarta (doc.pri) 
Sebagai tempat wisata kuliner, Jogja Paradise Food Court sangat cocok untuk acara meeting, gathering atau kumpul keluarga. Selain pilihan menunya beragam, sehingga bisa menjembatani perbedaan selera masing-masing anggota keluarga, fasilitas pendukungnya juga memadai. Lokasinya pun mudah dicari.

Hiburan live music yang menemani kami makan (doc.pri) 
Jadi, jika ingin dimanja dengan aneka hidangan pembangkit selera atau pengen mengadakan acara meeting atau gathering dengan fasilitas yang lengkap dan memadai, silakan coba Jogja Paradise Food Court. Karena surga makanan, ada di sana. Kalau ingin tahu info dan promo-promonya, follow saja akun instagramnya di Jogjaparadisefoodcourt.

Saya dan teman-teman food blogger dan foodgramer berfoto usai acara (doc. Wahyu)
Oh ya, sebagai tambahan informasi, Jogja Paradise Food Court ini buka setiap hari, mulai pukul 10.00-22.00 WIB. Semoga info ini bermanfaat ya..

Salam...

8 komentar:

  1. Sepertinya menunya lengkap sekali..mau ah kapan-kapan coba..ngiler lihat steaknya. Tfs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, segala menu ada. Mau yang nusantara atau yang rasa manca, tinggal pilih saja..

      Hapus
  2. Iso nggo mampir2 ki mba klo habis belanja di indogrosir. Aku naksir Sangria ne...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho o..cerak banget karo indogrosir..iyo mb..enak n seger sangriane..ada promo di hari tertentu koyone. Beli 1 dapat 2 po ya..coba buka akun instagramnya bless coffee mbak..sering ngadain promo2 kok..

      Hapus
  3. yang pasti setelah keluar dari sini puas dan perut kenyang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali..kenyang perut senanglah hati..hihi..:)

      Hapus
  4. Wahh menunya lengkap ya, aduh jd pengen nyobain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mb..kalau sedang ke Jogja mampir mbak...:)

      Hapus