Jumat, 06 April 2018

Mari Lawan Hoax, untuk Menuju Indonesia Maju

Acara flash blogging Jogja (doc.pri)

Salah satu keuntungan menjadi blogger adalah banyaknya kesempatan untuk menimba ilmu. Ilmu yang berhubungan dengan apa saja untuk kemudian dibagi-bagi kepada pembaca, dengan menuliskannya di dalam blognya masing-masing. Hal ini sebagai salah satu akibat dari kemajuan teknologi dimana dunia semakin sempit dengan adanya internet yang membuat laju informasi tidak dibatasi ruang dan waktu.

Seperti hari ini, saya berkesempatan menghadiri acara flash blogging yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bekerjasama dengan Ditjen IKP dan Dinas Kominfo Provinsi DI Yogyakarta, yang mengambil tema "Menuju Indonesia Maju". Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 75 blogger Jogja dan sekitarnya ini dilaksanakan di hotel New Saphir yogyakarta, dan berlangsung hangat dan meriah.

Menghadirkan dua nara sumber yakni Agus Mulyadi seorang blogger yang tulisannya banyak disuka, dan Bapak Andoko Darta, salah seorang anggota dari Tim Komunikasi Presiden, Sudut Istana.

Acara diawali dengan sambutan dari Bapak Bayu Februarino Putro, Kepala Bidang IKP Diskominfo DIY dan Bapak Dedet Surya Nandika, Direktur Kemitraan Komunikasi. Dalam sambutannya, Pak Bayu menyampaikan sebuah kabar yang menggembirakan bahwa Diskominfo DIY memiliki rencana untuk membuat co working space untuk para nettizen yang ingin mengembangkan dunia digital termasuk pengembangan potensi digital untuk para difabel yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. 

Pembukaan acara (doc.pri)
Sedangkan Bapak Dedet Surya Nandika, Direktur Kemitraan Komunikasi menyampaikan harapannya agar para blogger turut berperan dalam menyebarkan konten-konten baik termasuk keberhasilan pembangunan yang dicapai oleh pemerintah.

Tips membuat tulisan menarik di blog
Kualitas seorang blogger tentu dilihat dari tulisan-tulisannya. Dan mencari ide agar tulisan kita bagus dan disukai pembaca, tentu bukan persoalan mudah. Beruntung sekali dalam acara flashbloggingjogja kali ini, panitia menghadirkan nara sumber yang cukup handal di dunia per-blogging-an.

Beliau adalah Mas Agus Mulyadi yang lebih akrab dipanggil Gusmul, yang tulisan-tulisannya bisa disimak di www.Agusmulyadi.web.id. Tulisan-tulisan Gusmul ini ringan, lucu, tapi sarat maknanya.

Dalam pemaparannya Gusmul banyak bercerita tentang pengalamannya menulis di blog. Kegiatannya menulis di blog bermula dari banyaknya waktu luang yang dimilikinya sebagai penjaga warnet kala itu. Dan ternyata tulisan-tulisan dia banyak yang baca bahkan sampai manca negara. 

Gusmul menyampaikan paparannya (doc.pri)

Dari situlah Gusmul sadar bahwa aktifitas ngeblog ini banyak sekali manfaatnya. Sehingga sayang kalau blog hanya diisi dengan sesuatu yang biasa saja, blog harus diisi.dengan konten yang bermanfaat dan banyak dibutuhkan pembaca.

Lebih jauh Gusmul menceritakan juga bagaimana ngeblog telah banyak membawa perubahan dalam hidupnya. Menjadi seorang penulis, bahkan menjadi redaktur mojok.co kini dilakoninya. Dan semua berawal dari kegiatan ngeblognya.

Seriusnya peserta menyimak acara (doc.pri)
Gusmul sendiri adalah seorang blogger personal literatur, dimana dia membahas apa yg dialaminya dengan sentuhan yg berbeda.
Memperhatikan keadaan sekitar yg kadang luput dari pengamatan orang untuk kemudian diangkat menjadi sebuah tulisan. Seperti melihat orang merenung di pinggir jembatan contohnya.

Jadi, menurut pemaparan Gusmul,  hal-hal yang harus diperhatikan agar tulisan dalam blog menarik adalah :

  1. Ide tulisan bisa dicari dari hal-hal yang kita alami sehari-hari.
  2. Membahas hal-hal yang kontekstual tapi dibahas dari sisi yang berbeda.    
  3. Mengambil gimmic untuk sesuatu yang baru kekinian.
  4. Gaya bahasa, lebih personal, pakai gaya bahasa sendiri.
  5. Memakai quote dalam blog. Sehingga orang akan selalu ingat dengan kita. Quote yang unik tentunya.

Dan, menulis itu masalah jam terbang. Yang akan semakin berkembang dengan semakin banyak kita melakukannya. Demikian Gusmul mengakhiri pemaparannya.

Sampaikan yang benar, perangi hoax
Sessi kedua disampaikan oleh Bapak Andoko Darta, dari tim Komunikasi Presiden yang diberi nama Sudut istana.
Memiliki tugas mendengar berbagai masukan, baik itu kritik atau saran dari berbagai pihak.

Menurut Pak Andoko, Indonesia hebat karena kita bangsa petarung, bertarung untuk mempertahankan kemerdekaan dan menjaga persatuan. Dan untuk saat ini kita harus ambil bagian menjadi petarung melawan hoax. Agar kita tidak seperti Syiria, yang hancur karena hoax. Dalam hal ini blogger harus turun tangan ambil bagian, ikut menyebarkan keberhasilan pembangunan dan menangkal setiap hoax yang datang.

Sharing session bersama Bapak Andoko Darta (doc pri)

Pemerintah selalu berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia. Diantaranya dengan mengupayakan kesejahteraan yang berkeadilan, mempersempit kesenjangan. Salah satunya melalui pembangunan infrastruktur di daerah-daerah pelosok di Indonesia. Dengan harapan infrastruktur yang baik mendukung pembangunan berkelanjutan dan meminimalkan kesenjangan harga. Hal lain yang dilakukan pemerintah adalah melalui kebijakan bbm 1 harga. Sehingga mendukung produktivitas usaha.

Akhirnya sessi diskusi ditutup dengan sebuah quote yang patut kita renungkan bersama, bahwa kita "Jangan pernah lelah mencintai Indonesia" (Sukardi Rinakit, staf tim komunikasi presiden)

2 komentar:

  1. Untuk melawan berita Hoax memang perlu, salah satunya dng cara tidak mudah gampang percaya dan tidak berlanggaan artikel dari sumber yang sering memberitakan berita hoax.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul..harus bisa saring sebelum sharing...trmksh kunjungannya...:)

      Hapus