Selasa, 06 Maret 2018

Prive Uri-Cran Obat Herbal Ampuh Atasi Anyang-Anyangan

Anyang-anyangan adalah istilah yang sudah saya kenal sejak saya kecil. Karena dulu saya sering mengalaminya. Rasanya seperti ingin buang air kecil tetapi tidak tuntas-tuntas. Anyang-anyangan ini cukup merepotkan karena membuat saya harus sering bolak-balik ke kamar mandi, dan harus menahan rasa sakit buang air kecil. 


Pic : klinikgracia.net
Dulu, setahu saya anyang-anyangan disebabkan karena kita sering meminum dua jenis minuman yang berbeda suhunya. Misalnya habis minum es yang dingin kemudian minum teh panas. Tetapi herannya, meskipun saya tidak pernah lagi minum es dan air panas berbarengan, nyatanya saya masih sering anyang-anyangan. Jadi minum air panas dan dingin secara berbarengan tidak terbukti secara ilmiah menjadi penyebab anyang-anyangan. 

Lantas apakah sebenarnya anyang-anyangan itu? Dan apa yang menjadi penyebabnya ? Bagaimana langkah untuk mengobati dan mencegahnya? Berikut cerita saya tentang anyang-anyangan. 

Apakah Anyang-Anyangan itu?
Dalam bahasa medis, anyang-anyangan disebut dengan Polakisuria, yaitu suatu kondisi dimana kandung kemih tidak dapat menampung urin lebih dari 500 ml karena lapisan mukosanya meradang sehingga penderitanya menjadi sering kencing. Air seni yang keluar sedikit-sedikit dan disertai dengan rasa sakit atau terasa panas (disuria). 

Penyebab peradangan itu sendiri sebagian besar adalah akibat adanya bakteri yang masuk ke dalam saluran kemih. Bakteri penyebab anyang-anyangan ini, kebanyakan adalah bakteri E-Coli yang merupakan bakteri yang ada di saluran cerna kita. 

Penyebab lainnya adalah, terlalu banyak minum yang berefek diuretik seperti alkohol, kopi, dan teh. Bisa juga karena kehamilan, cemas, otot detrusor tidak stabil, pembesaran prostat, hipertonisitas dasar panggul, diabetes, menopause.

Lebih jauh, ternyata anyang-anyangan ini merupakan gejala awal dari penyakit yang lebih serius, yakni Infeksi Saluran Kemih (ISK) yang harus diwaspadai. Infeksi ini terjadi karena bakteri yang ada di saluran kemih menyerang organ yang yang terdapat di saluran kemih.

Infeksi yang terjadi bisa Infeksi saluran kemih bawah atau atas, tergantung organ yang diserang. Infeksi saluran kemih bawah merupakan infeksi yang terjadi pada uretra dan kandung kemih. Gejala dari kondisi ini meliputi rasa ingin selalu ingin buang air kecil, nyeri atau perih saat buang air kecil, warna urin yang keruh, dan bau urin yang menyengat. Sedangkan Infeksi saluran kemih atas merupakan infeksi yang terjadi pada ureter dan ginjal. Gejala dari kondisi ini meliputi nyeri pada bagian selangkangan, mual, dan demam. 

Karena disebabkan oleh bakteri, pengobatan ISK sering menggunakan antibiotik dengan dosis tertentu yang diberikan oleh dokter yang berkompeten.

Masuknya bakteri ke dalam saluran kemih ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah karena kebiasaan-kebiasaan tidak sehat yang sering kita lakukan. Seperti sering menahan buang air kecil, kesalahan cara membasuh area kewanitaan setelah kita selesai berkemih, atau karena kita kurang minum.

Uricran.co.id

Minum yang banyak sangat bermanfaat untuk membantu mengeluarkan bakteri yang ada di saluran kemih kita. Sementara menahan kencing memberi kesempatan bakteri yang ada dalam kantung kemih untuk berkembang biak sehingga menimbulkan efek peradangan pada kantung kemih kita. 

Anak-anak menjadi golongan yang rentan mengalami anyang-anyangan karena beberapa hal. Diantaranya kebiasaan anak-anak menunda buang air kecil karena berbagai alasan, entah karena terlalu asik bermain atau karena sebab lain.

Saya jadi flash back ke masa kecil dulu. Saya dulu anaknya penakut dan gampang merasa jijik. Jadi sering bermasalah kalau mau buang air kecil di malam hari karena takut ke belakang sendiri. 

Ketika sedang bepergian jauh, saya jarang mau buang air kecil di kamar mandi umum. Alasannya saya merasa tidak nyaman kalau buang air kecil di tiolet umum, karena aromanya yang tidak sedap dan kebersihannya yang kurang. Sehingga saya sering menahan buang air kecil dan sengaja minum sedikit agar tidak ada dorongan ingin ke belakang. 

Kebiasaan buruk yang berulang inilah ternyata yang menyebabkan saya sering mengalami anyang-anyangan. Belum lagi kebiasaan cara berkemih yang salah. Seharusnya dari depan ke belakang tetapi malah dari belakang ke depan, sehingga menyebabkan bakteri e-coli yang ada di anus ikut masuk ke saluran kemih. Jadi inilah ternyata penyebab anyang-anyangan yang saya sering saya alami sewaktu kecil yang membuat saya merasa sakit saat buang air kecil.

Selain itu, berdasar penelitian yang pernah dilakukan, wanita memang lebih rentan mengalami anyang-anyangan dibanding pria. Karena secara anatomi, jarak antara saluran kemih (uretra) ke saluran pembuangan air besar (BAB) pada wanita lebih dekat, sehingga rentan mengalami gangguan di seputar saluran kemih. Dan hal ini diperparah dengan banyaknya kesalahan berkemih seperti yang saya jelaskan di atas.  

Oleh karena itu pengetahuan tentang cara berkemih yang benar, tidak lama-lama menahan kencing, dan banyak minum sangat penting diketahui karena merupakan cara mencegah anyang-anyangan.

Cara Prive Uri-cran Mengatasi Anyang-Anyangan
Selain banyak minum, banyak anugrah alam yang bisa kita manfaatkan untuk mencegah dan mengobati anyang-anyangan. 

Salah satunya adalah buah cranberry yang sudah sejak lama dipercaya untuk melindungi kesehatan saluran kemih. Buah yang banyak terdapat di Amerika ini memiliki kandungan proantocyanidin yang dapat mencegah dan menangkap bakteri e-coli sehingga tidak menempel di dinding saluran cerna kita. Akibatnya kita terhindar dari anyang-anyangan.

Uricran.co.id
Selain mengandung proantocyanidin, cranberry juga mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi serta mengandung serat makanan, mineral, flavonoid, antosianidin, sianidin, peonidin, quercetin dan memiliki senyawa fitokimia salah satu sumber anti oksidan polifenol yang membuat buah cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah kanker.

Saat ini, esktrak buah cranberry mudah kita dapatkan di apotek-apotek atau toko herbal dengan membeli produk prive uri-cran yang diproduksi oleh PT Combhiphar.

Terdapat dalam 2 sediaan yang bisa dipilih, yakni :
1. Prive uri-cran, berbentuk kapsul yang mengandung 250 mg Ekstrak Cranberry.

Uricran.co.id

Dosis yang disarankan adalah untuk pencegahan : 1 - 2 kapsul per hari, diminum sesudah makan. Prive uri-cran tersedia dalam kemasan per box yang terdiri dari 3 strip, dan setiap strip terdiri dari 10 kapsul.

2. Prive Uri-Cran Plus, berbentuk serbuk. Dengan komposisi: 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium bifidum.
Uricran.co.id

Dosis: 1-2 Sachet / Hari
Isi per Box: 15 Sachet / Box

Uricran ini boleh dikonsumsi oleh anak-anak usia di atas 3 tahun dengan dosis setengah dosis dewasa. Dan aman juga dikonsumsi ibu hamil dengan dosis sesuai anjuran dokter.

Saya pribadi lebih memiliki prive uri-cran plus karena lebih mudah dikonsumsi dengan rasa jus cranberry yang segar. cara membuatnya pun mudah, tinggal buka kemasan uri-cran plus, tuang isinya dalam gelas, dan seduh dengan air dingin atau air hangat sesuai selera sebanyak 150ml, dan nikmati kesegarannya.

Prive uri-cran plus (doc.pri)
Selain itu, prive uri-cran plus juga memiliki tambahan probiotik yang juga berfungsi menjaga kesehatan pencernaan kita. Prive Uri-cran Plus terbukti mengatasi susah buang air kecil yang sering saya alami sekaligus menjaga kesehatan saluran pencernaan kita.

Yuk, mulai sekarang kita jaga organ kewanitaan kita dari resiko penyakit infeksi saluran kemih (ISK) dengan pola hidup sehat dan minum esktrak buah cranberry yang terdapat dalam produk prive uri-cran dan prive uri-cran plus dari Combiphar.

Salam sehat dan bahagia..

2 komentar:

  1. Wah sama. Saya juga palai uricran untuk mengatasi anyang2an��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak..uricran ampuh..enak lagi...he3.'terima kasih sudah mampir...:)

      Hapus