Selasa, 26 Desember 2017

My 2018 Resolution : Sehat Fisik dan Mental untuk Meraih Impian

Tinggal hitungan hari, tahun akan berganti. Tahun 2017 tinggal kenangan, tahun 2018 tahun penuh harapan. Ibarat sebuah buku, tahun 2018 masih berupa lembar kosong yang siap diisi dengan sejuta harapan dan doa agar jalinan peristiwa di tahun 2018 nanti merupakan perwujudan dari mimpi-mimpi yang saat ini dimiliki. 



Agar lebih terarah dalam menapaki hari di tahun baru nanti, sudah sewajarnya sebuah resolusi perlu dibuat. Resolusi adalah tujuan atau sesuatu yang ingin dicapai di tahun depan. Dengan resolusi yang dibuat, langkah-langkah kita untuk menggapai impian-impian akan lebih terarah. 

Penting tidak sih sebenarnya resolusi itu dibuat? Atau biarkan semua mengalir saja? Toh terkadang membiarkan sesuatu mengalir itu lebih menyenangkan dan tidak memberi beban? Ya semua memang tergantung kepada masing-masing individu sih..ada yang suka membuat perencanaan ada yang tidak. 

Kalau saya pribadi lebih suka membuat perencanaan-perencanaan kecil berkaitan dengan pencapaian-pencapaian yang ingin saya raih. Perencanaan membuat saya lebih fokus dalam melangkah, dan mudah melakukan evaluasi dan penyesuaian seandainya ada hal-hal di luar kontrol yang terjadi. Karena memang tidak ada sesuatu yang pasti, yang membuat kita harus menyesuaikan diri. 

Oke, kembali ke resolusi yang ingin saya raih di tahun baru nanti. Ada beberapa yang ingin saya tuliskan, dan semua bermuara pada satu keinginan, yakni ingin menjadi pribadi yang lebih baik dan bisa bersyukur di semua aspek kehidupan yang saat ini saya jalani.  

Nah, apa saja hal-hal yang ingin saya raih di tahun 2018? Berikut resolusi saya...

1. Lebih sehat jasmani  
Seperti bunyi semboyan, "Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat". Dengan tubuh yang sehat, kita akan lebih mudah dalam menjalankan aktifitas. Berkaitan dengan target sehat ini, ada beberapa hal yang ingin saya lakukan. Diantaranya mencoba diet rendah gula dan karbo, lebih banyak makan buah dan sayur, serta banyak melakukan aktifitas fisik seperti senam dan jogging.

Banyak mengkonsumsi sayur (doc  : pri)

Banyak literatur mengatakan, investasi kesehatan tergantung dari apa yang kita makan. Dan diet rendah gula dan karbo banyak disarankan untuk meminimalisir timbulnya masalah kesehatan di kemudian hari. 

Sementara aktivitas fisik terbukti dapat meningkatkan kebugaran kita. Agar lebih mudah untuk mewujudkan target sehat ini, saya akan melibatkan orang-orang terdekat yakni suami dan anak untuk melakukan hal yang sama.
Yakni lebih banyak melakukan aktifitas fisik dan mengurangi konsumsi gula dan karbo dalam menu sehari-hari. 

2. Lebih sehat rohani
Untuk kesehatan jiwa, saya akan lebih mendekatkan diri kepada yang Kuasa sesuai ajaran agama yang saya anut dan lebih banyak bersyukur.

Sinkron dengan tujuan untuk lebih sehat jasmani, merutinkan puasa Senin-Kamis, dan membiasakan bangun pagi lebih awal adalah target kecil yang ingin saya raih. 

Tidak terlalu mengkhawatirkan masa depan atau sesuatu yang belum terjadi sepertinya masuk dalam resolusi juga.
Selama ini saya terlalu memikirkan hal-hal yang belum terjadi, sehingga membuat hidup terlalu "kemrungsung" kalau orang jawa bilang. Akibatnya emosi sering terpengaruh dan sering menyebabkan gangguan fisik berupa asam lambung. Nah, untuk tahun 2018 nanti saya akan lebih rileks, kekhawatiran tentang masa depan tidak perlu saya turuti. Mengontrol pikiran dan perasaan adalah kuncinya. Dan rasa pasrah kepada Tuhan adalah solusinya.

Menikmati keindahan alam salah satu cara menenangkan pikiran (doc : pri)

Banyak berkumpul dan bersilaturahmi dengan teman dan kerabat termasuk kegiatan yang akan saya lakukan. Mempererat silaturahmi menyehatkan jiwa dan membuka pintu rejeki. Silaturahmi lewat apa saja..langsung maupun tidak langsung, di dunia maya maupun nyata.

Menghindari konflik yang tidak perlu, seperti bersitegang di media sosial misalnya, termasuk membuat status alay dan lebay juga harus ditinggalkan. Sosial media harus digunakan untuk membawa kebaikan bagi diri sendiri dan orang lain.

Berkomunitas sebagai salah satu cara bersilaturahmi (doc : Hestia)

Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya adalah menikmati waktu kebersamaan bersama keluarga. Karena keluarga adalah harta yang sangat berharga. Keluarga adalah sumber kebahagiaan yang utama.

Kebersamaan bersama keluarga (doc : pri)

3. Lebih produktif dalam menulis dan mengikuti berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan di bidang literasi

Kemampuan menulis menjadi target yang ingin saya upgrade di tahun 2018 nanti. Karena saya ingin menjadikan dunia tulis-menulis sebagai bagian dari kegiatan saya sehari-hari yang akan saya tekuni dan semoga dapat menjadi jalan rejeki. Sebelum memilih untuk menulis, saya sudah mencoba untuk menyalurkan hobi memasak saya menjadi usaha yang menghasilkan. Kebetulan saya hobi baking juga.

Selama beberapa bulan saya sempat membuka order untuk membuat kue, bahkan saya sudah memiliki pelanggan khusus untuk kue saya. Hanya sayangnya, membuat kue benar-benar menguras waktu dan tenaga. 

Banyak agenda keluarga yang akhirnya dijadwal ulang demi melayani orderan. Walhasil anak dan suami yang sering uring-uringan. Akhirnya setelah diskusi panjang lebar dengan suami, kami sepakat usaha di bidang perbakingan ditunda dulu.

Salah satu kue buatan saya (doc : pri)

Selain baking, saya juga suka menulis, kebetulan saya punya blog pribadi. Awalnya iseng saja, hanya sebagai tempat untuk berbagi cerita dan pengalaman sehari-hari kepada pembaca. Tetapi semakin ke sana aktifitas ngeblog ini menjadi hal yang mengasyikkan. 

Terlebih setelah saya bergabung di Komunitas Blogger. Banyak event menarik yang ditawarkan dan bisa diikuti yang bisa menambah pengalaman dan pengetahuan.

Meskipun tidak semua event bisa saya ikuti, karena semua berdasar seleksi. Salah satu kendala yang saya miliki adalah blog saya masih menggunakan domain gratisan. Sementara beberapa pihak yang menjadi klien menghendaki domain berbayar. Mungkin saya perlu juga untuk mulai mempertimbangkan memiliki blog dengan domain berbayar.

Nah dari hasil obral-obrol dengan suami, sepertinya aktivitas menulis inilah yang paling ideal dan memungkinkan untuk saya lakukan disela-sela tanggung jawab saya sebagai ibu rumah tangga. Karena waktunya yang fleksibel dan tidak banyak menyita waktu. Jadi saya lebih bersemangat dan termotivasi untuk menekuni dunia literasi dan perbloggingan.

Salah satu kegiatan temu blogger yang saya ikuti (doc : kemenkes RI)
Apalagi selain restu suami, saya pernah mendapatkan kejutan manis dengan terpilihnya 2 tulisan saya sebagai pemenang dalam 2 event yang berbeda. Satu tulisan saya tentang review salah satu gerai makanan terpilih sebagai 3 review terbaik dan satu tulisan saya tentang kegiatan jelajah di situs sejarah keluar sebagai juara harapan satu.

Kegiatan jelajah 4 museum (doc : Amma)
Pencapaian ini tentu saja membuat saya semakin bersemangat untuk menekuni dunia tulis-menulis dan meng-upgrade kemampuan. Siapa tahu setelah menjadi blogger, kesempatan untuk bisa menulis dan menerbitkan buku sendiri bisa saya dapatkan...aamiin..

Tantangan Sebagai Blogger
Selain harus mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, seorang blogger juga dituntut memiliki fisik yang bugar dan prima. Karena tidak jarang kami memperoleh penugasan dalam kegiatan yang berlangsung seharian. Seperti kegiatan jelajah 4 museum yang pernah saya ikuti yang berlangsung dari pagi sampai malam, dengan aktifitas fisik berupa jalan dan gowes dengan jarak tempuh yang lumayan jauh.

Apalagi saat ini kondisi cuaca di Jogja benar-benar ekstrem. Siang panas, malam hujan deras. Jadi harus benar-benar bisa menjaga kondisi tubuh dengan memperhatikan asupan gizi dan banyak minum air putih.  

Selain itu meminum vitamin untuk memulihkan kondisi tubuh setelah sakit atau pada saat sedang drop sangat diperlukan. Agar kalau sakit jangan lama-lama sehingga pekerjaan tidak tertunda-tunda.

Terlebih adanya fakta bahwa kekurangan vitamin dan mineral dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh serta timbulnya berbagai penyakit. Selain itu berbagai penelitian menemukan adanya korelasi kekurangan mineral seperti Magnesium dan Zinc dalam tubuh dengan manifestasi alergi, infeksi serta penyakit yang disebabkan oleh jamur, bakteri dan virus. Sehingga memilih suplemen yang tepat sangat penting untuk mencukupi kebutuhan tubuh terhadap vitamin dan mineral yang mungkin tidak tercukupi oleh asupan makanan yang kita konsumsi.

Theragran-M
Salah satu suplemen vitamin untuk memulihkan kondisi tubuh setelah sakit yang banyak disarankan oleh teman sesama blogger adalah Theragran-M.
Theragran M merupakan suplemen multivitamin dan mineral berbentuk tablet bersalut gula yang diproduksi oleh PT Taisho Pharmaceutical Indonesia Tbk.

Selain sudah memperoleh sertifikasi halal, kandungan vitamin dan mineral dalam Theragran-M sangat lengkap. Dengan kombinasi multivitamin (Vit A, Vit B, Vit C, Vit D, Vit E) dan mineral esensial (seperti Magnesium dan Zinc), Theragran-M terbukti meningkatkan, mengembalikan, dan menjaga daya tahan tubuh, serta merupakan vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan. Selain itu, suplemen ini sudah diresepkan dokter selama 40 tahun (sejak tahun 1976), dan terbukti khasiatnya.

Logo halal MUI di pojok kiri atas dari kemasan Theragran -M 

Adapun manfaat dari kandungan vitamin dan mineral dari Theragran M adalah sebagai berikut :
Vitamin A
Vitamin A (Retinol) merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan dalam jumlah kecil oleh manusia untuk menjaga fungsi normal sistem penglihatan, pertumbuhan dan perkembangan sel dan organ tubuh, memelihara sistem reproduksi, serta menjaga daya tahan tubuh.

Gejala kekurangan vitamin A dapat terlihat dari kondisi rabun senja dan proses keratinisasi pada kulit, yaitu sel-sel epidermis yang mengeras pada lapisan luar dari kulit. Keracunan Vitamin A juga sering terjadi karena Vitamin A merupakan vitamin yang larut lemak dan bisa disimpan di dalam organ hati dalam jangka waktu yang panjang. Gejalanya antara lain: kerusakan hati, ketidaknormalan tulang, sakit sendi, kebotakan.

Vitamin B, yang terdiri atas :
Vitamin B1 (Thiamin) berperan sebagai koenzim dalam proses metabolisme serta memiliki fungsi penting pada sistem saraf. Gejala kekurangan Vit B1 yang paling umum adalah penyakit beri-beri maupun gangguan sistem saraf. Sedangkan gejala keracunan vitamin B1 hampir tidak pernah ditemukan sama sekali.

Vitamin B2 (Riboflavin)
Kekurangan Vitamin B2 berupa sakit tenggorokan, edema pada faring, keilosis, lesi pada sudut bibir, mulut maupun lidah, serta kondisi dermatitis.

Vitamin B3 (Niacinamide)
Kondisi kekurangan Vitamin B3 (Niacinamide) yang merupakan ko-substrat/ koenzim pada sejumlah proses metabolisme, ditandai dengan 3D yakni Dermatitis, Dementia dan Diare.

Vitamin B5 (Pantothenate)
Gejala utama kekurangan vitamin B5 adalah sindrom kaki terbakar (mati rasa), nyeri berkepanjangan, mood yang tidak stabil, insomnia, anemia, anoreksia, konstipasi, muntah, kontraksi otot dan kulit yang tidak normal (termasuk manifestasi jerawat).

Vitamin B6 (Pyridoxine)
Selain memiliki manfaat pada metabolisme tubuh, Vitamin ini juga berperan dalam pengaturan hormone steroid. Kekurangan vitamin B6 ditandai dengan gangguan sistem imunitas tubuh serta kelelahan.

Vitamin B12 (Cyanocobalamin)
Vitamin ini bersumber dari susu sapi, keju, daging, telur, serta produk hewani lainnya, sehingga para vegan (penganut pola makan vegetarian) memiliki faktor resiko besar mengalami defisiensi Vitamin B12 yang cenderung menimbulkan anemia dan proses degenerasi spinal.

Vitamin C
Vitamin C berperan penting dalam proses metabolisme tubuh, meningkatkan penyerapan zat besi, anti-oksidan yang mampu menangkal radikal bebas serta meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan berbagai penyakit. Vitamin C juga membantu pertumbuhan dan pemulihan tubuh.

Vitamin D
Fungsi utama dari vitamin ini yaitu untuk mengembalikan kadar kalsium dan fosfat tubuh ke level normal, serta menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan deformitas tulang seperti rakhitis pada anak-anak, dan nyeri tulang serta nyeri akibat kondisi yang disebut osteomalacia pada orang dewasa. Rendahnya tingkat vitamin D dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh yang lemah, meningkatkan risiko kanker, pertumbuhan rambut yang buruk, dan osteomalacia, kondisi otot dan tulang melemah. 

Sebaliknya, kelebihan vitamin D dapat menyebabkan tubuh menyerap terlalu banyak kalsium yang menyebabkan peningkatan risiko serangan jantung dan batu ginjal.

Vitamin E
Vitamin E merupakan vitamin larut lemak yang berperan penting sebagai anti oksidan dari serangan radikal bebas. Kekurangan Vitamin E ditandai dengan kerusakan pada sistem saraf dan otot.

Sedangkan manfaat mineral esensial yang terdapat dalam Theragran-M adalah :
Magnesium
Mineral ini berperan dalam proses mineralisasi tulang, metabolisme tubuh dan bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang terhadap serangan berbagai penyakit. 

Penelitian juga menemukan adanya korelasi antara infeksi bakteri, virus, jamur, maupun alergi yang berkaitan erat dengan defisiensi magnesium dalam tubuh seseorang. Selain itu, kekurangan Magnesium juga dapat menyebabkan depresi. Gejala kekurangan Magnesium biasanya ditandai dengan nyeri dan kram otot, mudah lelah, migrain, kejang, jantung berdebar, kurang napsu makan, anoreksia, tremor, hingga kehilangan berat badan.

Zinc
Merupakan mineral esensial yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan luka serta membantu regulasi sel tubuh maupun sistem saraf.

Kekurangan Zinc dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan, gangguan seksual dan kematangan tulang, lesi pada kulit, diare, kebotakan, gangguan napsu makan, serta meningkatkan potensi terkena infeksi karena terganggunya sistem kekebalan tubuh. Kandungan Zinc tertinggi dapat ditemukan pada sereal serta daging merah.

Manfaat mineral lain dalam Theragran-M :
Zat Besi
Berperan dalam membawa oksigen ke seluruh organ tubuh sehingga berperan dalam pembentukan energi didalam sel tubuh serta pembuatan hemoglobin (darah). Kekurangan mineral ini akan menyebabkan kondisi mudah lelah, stamina yang menurun, jantung berdebar, insomnia, serta anemia (yang paling umum). 

Defisiensi zat besi dikategorikan sebagai defisiensi nutrisi yang paling sering ditemukan di seluruh belahan dunia, dimana sekitar 600-700 juta orang menderita anemia akibat kekurangan zat besi.

Tembaga
Berperan dalam proses metabolisme, menjaga kesehatan kardiovaskular, tulang, saraf otot, dan pembuluh darah, serta penyerapan zat besi. Tembaga bersama zat besi membantu sistem pernapasan dan sintesis hemoglobin. Selain itu, Tembaga juga berperan dalam menghasilkan pigmen melanin bagi kulit, rambut dan mata. 
Kekurangan tembaga dapat menyebabkan osteoporosis, nyeri sendi, anemia, masalah pada kulit dan rambut serta menurunnya kekebalan tubuh. 

Mangan
Adalah mineral alami dalam tubuh yang jumlahnya kecil. Mangan juga merupakan zat antioksidan kuat yang mampu mengeluarkan radikal bebas dari dalam tubuh, menjaga kesehatan tulang, membantu penyerapan vitamin dan membantu fungsi hati. 
Kekurangan mineral Mangan dapat menyebabkan osteoporosis, terkena epilepsi, rambut dan kuku menjadi rapuh serta dermatitis.

Iodium
Merupakan komponen penting pada hormon tiroid yang berperan dalam regulasi pertumbuhan serta aktivitas sel.
Kekurangan Iodium dapat terjadi pada semua kelompok usia dan dapat menyebabkan pembesaran kalenjar tiroid, memicu hipotiroid, gangguan fungsi mental, serta penghambatan pertumbuhan fisik. Kekurangan iodium pada masa kehamilan dapat memicu keguguran dan cacat bawaan.


Adapun aturan minum Theragran-M adalah sehari 1 kaplet, sesudah makan, atau sesuai dengan anjuran dokter. 
Menilik manfaat yang dipunyai, sudah selayaknya multivitamin ini selalu tersedia di kotak obat kita untuk antisipasi jika kita membutuhkan. Theragran-M tersedia dalam 2 kemasan yang bisa dipilih, yakni kemasan Isi 12 amplop @ 1 strip @ 4 tablet dan isi 25 amplop @ 1 strip @ 4 tablet. Tapi beli ecer 1 strip juga bisa sih..harganya juga terjangkau dan mudah diperoleh di apotek atau toko obat di sekitar kita.       

Jadi sesuai dengan resolusi saya ditahun 2018 ini, yakni ingin sehat fisik dan mental agar mudah meraih impian, maka fokus saya di tahun 2018 nanti adalah menjaga kebugaran tubuh dengan pola makan yang benar, berolah raga yang teratur, dan minum Theragran-M jika diperlukan. Selain itu menjaga agar pikiran selalu positif, agar lebih tenang dalam melangkah untuk mencapai tujuan menjadi seorang blogger yang lebih baik dan profesional.

Bugar bersama Theragran -M

Nah, itulah resolusi sederhana saya untuk menyambut tahun 2018. Semoga dari yang sederhana ini pencapaian istimewa dan luar biasa bisa saya dapatkan, aamiin...

Catatan :
Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M.

32 komentar:

  1. Iya memang Mbak, jadi blogger itu butuh stamina. Kalo pas acara yg diikuti padat bikin capek juga. Asupan vitamin kaya Theragran ini memang perlu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak...harus pinter-pinter jaga kondisi...makasih mbak sudah mampir...:)

      Hapus
  2. Tiap kali ada acara blog yang memakan waktu sehari, besoknya aku langsung sakit. :( Tapi pas ada theragran, mendingan. Theragran memang penting banget buat yang beraktifitas padat. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak..terbukti ya manfaatnya..hihi..terima kasih sudah mampir...:)

      Hapus
  3. Wah, keren banget, Mbak resolusi untuk rohani-nya. Saya paling suka sama kata-kata tidak terlalu mengkhawatirkan masa depan. Bener banget itu ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi..berdasar pengalaman terlalu mengkhawatirkan apa yang belum terjadi bikin pusing dan jauh dari syukur nikmat mb..makanya mencoba untuk dikurangi...terima kasih sudah mampir...:)

      Hapus
  4. Seruu mba resolusinya. Aku juga mau lebih fit lagi dan lebih kuat nggak gampang masuk angin. Olahragaaa jugaa..
    Moga terwujud smuanya ya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...iya mbak..semoga bisa konsisten berusaha untuk mewujudkannya...terima kasih mbak...sudah mampir..:)

      Hapus
  5. Resolusiku juga sehat, pengin makan lebih lengkap gizinya & olahraga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resolusi sehat.itu memang yang utama ya...sehat fisik maupun mental. Tanpa sehat resolusi lain tidak mungkin dapat dicapai...mksh mbak...sudah mampir...:)

      Hapus
  6. Resolusiku 2018 nanti juga pengen lebih produktif menulis, teh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...keren mbak...menulis membuat kita jadi bisa berbagi banyak hal dengan sesama ya mbak...tentunya.yang positif-positif saja...terima kasih sudah mampir mbak....

      Hapus
    2. Tetap semangaaat! Saya jg pen produktif nulis

      Hapus
    3. Siap...semoga tahun ini lebih produktif dalam menulis..

      Hapus
  7. kalo kita sehat, InsyaAllah resolsi juga akan tercapai ya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mb...dengan tubuh sehat dan jiwa yang kuat segala tantangan Insya Allah lebih mudah dilalui...mksh sudah mampir mbak...:)

      Hapus
  8. Kunci mewujudkan resolusi yang lain adalah sehat jasmani dan rohani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap..sepakat sehat adalah kunci...makasih mbak sudah mampir..:)

      Hapus
  9. Banyak aktivitas memang perlu modal sehat fisik juga rohani. Sukses dengan resolusinya, mba ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...mksh mbak...doa yang sama untuk mbak ratna ya...:)

      Hapus
  10. semoga sehat selalu dan tercapai resolusinya ya, aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...terima kasih mbak untuk doanya...terima kasih juga sudah mampir.

      Hapus
  11. Tos, samaan kita mb, mau rutinkan puasa senin-kamis ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi..toss...biar sekali merengkuh dayung 2-3 pulau terlampaui mbak...sehat jasmani dapat, ketenangan rohani juga dapat...mksh mbak..sudah mampir...

      Hapus
  12. Semoga tercapai resolusinya ya Mba, aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...terimakasih mbak...doa yang sama buat mbak desi ya..trmksh sdh mampir...

      Hapus
  13. sehat itu emang penting banget ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak..sehat itu nikmat yang.tiada tara...:) makasih sudah berkunjung...:)

      Hapus
  14. terimaksih atas informasinya sangat membantu sekali dan jangan lupa kunjungi kami di http://rahma-store.com/red-jelly-ms-glow/

    BalasHapus
  15. Sehat jasmani dan rohani, itu resolusi saya juga mbak. Pengen lebih benar dalam pengaturan pola makan serta olahraga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..sama mbak..semoga resolusi kita tercapai yaa..aamiin..terima kasih sudah mampir...:)

      Hapus
  16. semoga selalu diberi kesehatan ya mbak, dan diwujudkan semua resolusinya di tahun ini ^^
    Aamiin

    BalasHapus