Selasa, 07 November 2017

Berkenalan dengan Tokyo Bowl, Menu Terbaru dari HokBen

Untungnya kebebasan berserikat, berkumpul, mengeluarkan pikiran dan pendapat itu dijamin oleh undang-undang. Sehingga hari Jumat 3 November 2017 sekitar pukul 16.30 WIB kemarin saya bebas melangkahkan kaki menghadiri undangan gathering dari HokBen Jakal untuk Komunitas Blogger Jogja. 

HokBen Jakal

Pertemuan yang dihadiri sekitar 30 blogger ini dibuka oleh Bapak Arman selaku Local Marketing HokBen Jakal, dengan doa bersama dan pembacaan rundown acara. Selanjutnya acara dipandu oleh Ibu Kartina Mangisi Simanjuntak dari Communication Division Head dan Bapak Sutrisno selaku Store Manager HokBen Jakal.  

Pertemuan ini dimaksudkan untuk mengenalkan lebih jauh tentang HokBen kepada para blogger Jogja sekaligus memberi kesempatan kepada kami untuk mencicipi varian menu baru dari HokBen yang bernama Tokyo Bowl dan memberikan reviewnya.

Pak Arman sedang membuka acara, doc : Yugo D.P.

Acara berlangsung hangat dan santai. Semua peserta menyimak penjelasan dari pihak HokBen dengan seksama. Ibu Kartina yang biasa disapa Bu Tina lebih banyak menjelaskan tentang sejarah perusahaan, sedangkan Bapak Sutrisno banyak bercerita tentang varian menu baru yang ada HokBen. 

Sejarah Hokben
Saat ini HokBen dikenal sebagai restoran cepat saji yang banyak diminati. Respon yang cepat, dan pelayanan yang prima  terhadap konsumen membuat HokBen dinobatkan sebagai "Top 3 Most Powerful Restaurant Brand in Indonesia" dalam survey Brand Asia 2017 yang diselenggarakan oleh Nikkei BP consulting, inc bekerjasama dengan MARKPLUS, INC, dan terpilih sebagai "BRAND OF THE YEAR 2017-2018" untuk kategori Quick Service Restaurant Indonesia di ajang WORLD BRANDING AWARDS.  Sebuah prestasi yang cukup membanggakan. Dan itu semua bukan diperoleh dengan cara instan, perlu perjalanan yang panjang. 

Bu Tina menjelaskan tentang sejarah HokBen, doc : Yugo D.P.

Sudah lebih dari 32 tahun HokBen hadir menemani para pecinta masakan Jepang. Perjalanan panjang HokBen dimulai pada tanggal 18 April 1985 dengan berdirinya restoran Jepang cepat saji bernama Hoka-Hoka Bento yang berada dibawah naungan PT Eka Bogainti di Kebon Kacang Jakarta pusat. 

Gerai pertama Hoka-Hoka Bento

Pada awalnya Hoka-Hoka Bento memakai ijin merk Hoka-Hoka Bento yang ada di Jepang. Arti dari Hoka-Hoka Bento sendiri adalah makanan hangat dalam satu kotak. Karena memang Hoka-hoka Bento yang di Jepang merupakan rumah makan dengan konsep take away (pesan ambil/bawa pulang). Namun kemudian karena satu dan lain hal Hoka-Hoka Bento di Jepang tutup. Hingga akhirnya PT Eka Bogainti menjadi satu-satunya pemegang hak merk Hoka-Hoka Bento.

Seiring dengan respon masyarakat yang semakin positif, Hoka-Hoka Bento kemudian mulai melebarkan sayap dengan hadir di kota-kota besar di Indonesia. Dimulai di tahun 1990, Hoka-Hoka Bento hadir di kota Bandung, kemudian di tahun 2005 di kota Surabaya, dan tahun 2008 hadir di Malang. Di tahun 2010, pengembangan cabang di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Bali mulai dilakukan.

Selain itu sebuah gebrakan besar juga dilakukan oleh Hoka-Hoka Bento, yakni dengan memiliki jaringan Call Center 1500505 di tahun 2007, serta layanan pesan antar.  
Layanan Pesan Antar HokBen
Tahun 2008 website HokBen diluncurkan dengan fitur pemesanan online dan di tahun yang sama mulai menambah varian menu untuk anak, yakni katsu yang disediakan dalam bentuk paket Kidzu Bento yang disajikan lengkap dengan bonus mainan.  Untuk saat ini tema mainan kidzu bento yang terbaru adalah battle of unibolt.

Demi tercapainya tujuan untuk lebih dekat dengan customer dan karena adanya trend di kalangan customer pada saat itu yang biasa menyebut Hoka-Hoka Bento dengan istilah HokBen, maka mulai tanggal 15 Oktober 2013 Hoka-Hoka Bento resmi menggunakan nama baru, yakni HokBen. 

Perubahan nama itu juga diikuti dengan perubahan logo restoran. 
Transformasi nama dan logo restoran

Logo dan maskot restoran yang semula berupa tokoh manga Jepang yang bernama Taro (seorang anak laki-laki dengan baju berwarna biru) dan Hanako (seorang anak perempuan berbaju merah) yang ditampilkan seluruh badan, dengan perubahan nama menjadi HokBen maka Taro dan Hanako hanya ditampilkan bagian kepala atau wajahnya saja, sehingga terlihat lebih simpel. 

Hokben Community Pattern
Ada berbagai cara yang bisa dilakukan agar budaya perusahaan dalam suatu korporasi melekat kuat di hati para karyawannya dan menjadi semangat dan etos dalam bekerja. Demikian pula halnya dengan HokBen.

HokBen Community Pattern sebagai hiasan cup drink

Tadinya saya mengira simbol-simbol yang ada di cup drink yang ada di HokBen itu cuma hiasan semata, namun ternyata pola-pola itu sarat makna.

Segala semangat dan idealisme perusahaan untuk melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya dituangkan secara apik melalui simbol-simbol atau pola-pola unik sarat makna, yang sekaligus digunakan untuk hiasan atau ornamen di dinding kaca, box kemasan, maupun cup minum. Hal tersebut dimaksudkan agar setiap karyawan selalu mengingat apa saja yang menjadi filosofi dari HokBen.  

Pola atau simbol unik itu diberi nama "HokBen Community Pattern".
Apa sajakah itu, dan apa saja maknanya? Berikut penjelasannya :

HokBen Community Pattern

  1. Parent and kid, simbol ini menggambarkan rasa sayang orang tua kepada anaknya. Simbol ini dipilih karena HokBen adalah restoran yang sesuai untuk keluarga, yang tidak hanya menyajikan hidangan enak, namun juga bergizi.
  2. Welcoming hello, simbol keramahan HokBen kepada para pelanggannya. 
  3. Friendship, simbol ini menggambarkan kedekatan dua orang yang diartikan sebagai hubungan persahabatan. Simbol ini memiliki makna HokBen merupakan tempat yang tepat untuk berbagi waktu kepada para sahabat, sambil menikmati santapan lezat dan bergizi. 
  4. Respect, simbol ini menggambarkan orang yang membungkuk dan memberikan salam sesuai dengan budaya Jepang. Perilaku ini merupakan penghormatan kepada orang lain, dalam hal ini adalah penghormatan kepada customers HokBen.
  5. Pride, secara harfiah diartikan sebagai kebanggaan. Maksud dari simbol ini adalah kita harus merasa bangga menjadi bagian dari keluarga besar HokBen yang kredibilitasnya terjaga dengan baik dan menjadi brand yang dipercaya customers untuk menjadi bagian yang tidak terlupakan oleh seluruh keluarga, sahabat, dan kerabatnya.

Menu Baru di Hokben
Secara umum HokBen menyajikan berbagai masakan Jepang populer, mulai dari tumisan (seperti yakiniku, teriyaki, dengan pilihan daging sapi atau ayam), gorengan (seperti chicken katsu, ekkado, ebi furai, chicken egg roll, dll), sukiyaki, shumai, gyoza, hingga salad dan sup (seperti sukiyaki, chicken tofu, shrimp ball, dan shrimp dumpling) yang dihidangkan baik secara satuan maupun paket. 

Selain itu tersedia pula minuman dan hidangan penutup khas seperti es sarang burung, es ogura, koori konyaku, dan puding.

Cita rasa masakan Jepang yang disajikan di HokBen telah disesuaikan dengan selera Indonesia, dengan bumbu yang lebih kuat. 

Disamping itu sebagai restoran yang ada di Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim, HokBen selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi konsumennya dengan adanya jaminan kehalalan dari produk-produknya.

Sudah Sejak bulan September 2008, dimana pada saat itu HokBen masih bernama Hoka-Hoka Bento, sertifikasi halal dari MUI sudah dimiliki dan senantiasa diperbaharui bila habis masa berlakunya. Di tahun 2017 ini, HokBen memperoleh sertifikat sistem jaminan halal, yang berlaku selama 4 tahun.

Sebagai restoran cepat saji masakan Jepang yang terkemuka, HokBen senantiasa melakukan inovasi terhadap varian menu-menunya. Hal ini dimaksudkan untuk penyegaran dan mencegah kebosananan dari para pelanggan setianya. 

Penjelasan Pak Sutrisno tentang Tokyo Bowl, doc : Yugo D.P.

Dalam penjelasannya, Bapak Sutrisno memperkenalkan varian terbaru yang ada di HokBen yakni Tokyo Bowl.

Varian pilihan menu Tokyo Bowl

Tokyo bowl ini adalah menu lengkap dan nikmat yang disajikan dalam sebuah mangkuk yang berisi nasi yang pulen dan wangi, ditambah topping lauk dan saus sesuai pilihan, dilengkapi dengan taburan seaweed dan daun bawang yang menambah selera.

Ada 5 varian yang bisa dipilih untuk menu ini, apa saja pilihannya, simak yang berikut ya...

1. Gyu Don

Gyu Don Soboro

Terdiri dari nasi pulen yang diberi topping daging sapi (beef) cincang dengan saus teriyaki khas HokBen (Gyu Soboro) ditambah potongan seaweed dan taburan daun bawang. Harga untuk menu ini adalah Rp. 31.000,-

2. Tori Don

Tori Don Soboro


Terdiri dari Daging ayam cincang dengan saus teriyaki khas HokBen (Teriyaki Soboro) yang disajikan diatas semangkuk nasi, dengan taburan potongan seaweed dan daun bawang.
Harga menu ini Rp. 27.000,-

3. Chicken Steak 
Ada 2 varian  rasa yang ditawarkan, yakni ori dan pedas atau hot. Yang membedakan adalah saus yang digunakan. 

Yang ori, terdiri dari daging ayam panggang tanpa tulang yang dibumbui dengan saus teriyaki khas HokBen (Ori Chicken Steak) dengan rasa manis dan gurih yang disajikan di atas semangkuk nasi, dengan topping potongan seaweed dan daun bawang. Harga menu ini Rp. 37.000,-. 

Ori Chicken steak

Sedangkan yang hot atau pedas terdiri dari daging ayam panggang tanpa tulang yang dibumbui Saus Miso Khas Jepang (Hot Chicken Steak) dengan rasa pedas, yang disajikan diatas semangkuk nasi, dengan topping potongan seaweed dan daun bawang. Harga menu ini Rp. 40.000,-

Hot Chicken Steak


4. Chicken Katsu Tare

Chicken Katsu Tare
Terdiri dari daging ayam tanpa tulang yang dibalut dengan bread crumbs dan bumbu khas HokBen yang dimasak dengan metode Deep Frying Oil yang disajikan diatas semangkuk nasi, dengan topping Saus Tare Khas HokBen, potongan seaweed dan daun bawang. Menu ini dibandrol dengan harga Rp. 31.500,-


5. Chicken Karaage 

Chicken Karaage

Terdiri dari daging ayam berkualitas yang dimasak dengan teknik Deep Frying Oil sehingga menghasilkan tekstur tepung yang garing dan renyah yang disajikan diatas semangkuk nasi, dengan topping Mayonaise khas HokBen, potongan seaweed dan daun bawang. Harga menu ini adalah Rp. 37.000,-

Nah..menu-menu di atas itulah yang akan kami coba, plus yakitori grilled yang juga merupakan menu baru. Masing-masing kami diberi kesempatan untuk memilih varian Tokyo bowl yang diminati.

Berdasar deskripsi yang diberikan dan pertimbangan pribadi serta sedikit feeling, akhirnya saya memilih chicken karaage sebagai menu makan malam, dan secangkir ocha panas untuk menetralisir lemak (sok bergaya hidup sehat sayanya, he..he..he).

Akhirnya setelah menunggu beberapa saat, menu yang ditunggu-tunggu datang juga.
Seperti ini penampakannya...

Chicken Kaarage orderan saya

Semangkuk hidangan berisi nasi lumayan banyak dengan 5 potong daging ayam krispi di atasnya, yang disiram saus mayonaise dan taburan seaweed serta daun bawang, terhidang di meja.

Pertama yang saya coba nasinya. Nasinya pulen, sedikit lengket seperti ada campuran beras ketannya, sehingga mudah diambil dengan sumpit. Aromanya wangi, sangat menggugah selera. Taburan seaweed di atasnya memberikan rasa asin dan gurih yang tidak membosankan. 

Kemudian saya coba ayam krispinya, dagingnya empuk, gurih, dan terasa renyah. Garing di luar empuk di dalam. Saos mayonaise yang disiram di atasnya semakin menambah kelezatan.

Dan ketika nasi dan ayam dimakan bersamaan, terasa nikmat yang luar biasa. Tidak butuh waktu lama untuk memindahkan hidangan di atas mangkok ke dalam perut saya, dan hasilnya sayapun kekenyangan.

Oh ya, masih ada menu yakitori grilled yang menunggu giliran untuk dicicipi. Yakitori grilled terbuat dari daging ayam tanpa lemak, yang dipotong-potong dan ditusuk dengan tusukan bambu kemudian dimasak dengan saus teriyaki khas HokBen dengan cara dipanggang, sehingga menghasilkan tekstur grilled di setiap potongan dagingnya. Rasa dagingnya empuk dan juicy, tidak kering. Rasanya juga ringan sehingga tidak memunculkan kesan eneg. 

Yakitori grilled

Yakitori grilled ini juga cocok untuk teman makan nasi. Satu porsi berisi 2 tusuk, dibandrol dengan harga Rp. 15.000,- saja. 

Secangkir ocha panas yang saya hirup, terasa segar dan hangat di badan, dan menjadi episode terakhir yang mengakhiri petualangan rasa yang saya lakukan di HokBen Jakal.

Setiap dari kami yang malam itu hadir dalam temu Komunitas Blogger Jogja di HokBen memiliki pengalaman sendiri-sendiri dalam menikmati varian menu Tokyo Bowl. Yang pasti saya sendiri merasa puas dengan menu Chicken Karaage pilihan saya. Menu ini cocok untuk saya yang menyukai cita rasa asin dan gurih. Dan ternyata Chicken Karaage termasuk menu favorit yang banyak dipilih konsumen HokBen. Jadi ga salah kan pilihan saya?

Sekitar pukul 19.00 acara diakhiri dengan foto bersama. Malam itu saya pulang dengan membawa pengalaman rasa dan satu tas jinjing berisi goodiebag menarik dari HokBen.

Foto bareng member KBJ, doc : Yugo D.P. 

Sayang, saya tidak beruntung mendapat doorprize, padahal saya sudah angkat jari untuk menjawab pertanyaan seputar HokBen dan menu barunya. Jadi ini bukan karena saya tidak bisa menjawab karena tidak menyimak penjelasan lho ya, tapi ini hanya semacam keberuntungan yang tertunda..he..he..he..

Goodiebag cantik dari HokBen

Terima kasih HokBen Jakal dan KBJ untuk undangan dan kesempatannya...

Penasaran dan berminat juga mencicipi Tokyo Bowl? Yuk..langsung datang  ke HokBen Jakal. Gampang kok nyari lokasinya, di google map sudah banyak sekali reviewnya.

Pantengin juga ig hokben_id kalau ingin tahu kabar terkini dan promo terbarunya. Bagi yang ingin praktis dan malas ke luar bisa langsung hubungi call center atau order via online di hokben.co.id.

Nikmati kelezatan dan keseruannya bersama keluarga, sahabat, dan orang-orang tercinta, karena di HokBen Jakal banyak fasilitas yang mendukung kenyamaan ketika makan di sana. 

Diantaranya terdapat private function room yang luas yang mampu menampung hingga 180 seat, sehingga ideal untuk reuni, meeting, atau acara gathering lainnya, terdapat juga fasilitas mushola, full internet access, dan yang pasti buka non stop 24 jam. Jadi kalau teman-teman tiba-tiba merasa lapar, nggak bingung lagi kan mau ke mana ??

9 komentar:

  1. Saya ga bingung lagi mbak, jadi salah satu pilihan jujukan makan bareng keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..siip mas, sudah tercerahkan oleh HokBen..he..he..he..terima kasih sudah mampir...;)

      Hapus
    2. Kembali kasih telah mampir balik ke Blog saya....

      Hapus
  2. Lengkap banget Mbak, TOP BGT deh..jadi lebih tahu tentang Hokben.

    BalasHapus
  3. Lengkap banget Mbak, TOP BGT deh..jadi lebih tahu tentang Hokben.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..mbak yayah..makasih sudah mampir yaa...

      Hapus
  4. Selamat atas kemenangannya mbak..
    Postingannya sungguh lengkap.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi..makasih mas..biasa bikin laporan praktikum dulu mas...:D
      Selamat juga dulu menang yang jelajah peradaban mataram Islam, hadiahnya mantab..he3..

      Hapus