Senin, 05 Desember 2016

Menikmati Lezatnya Ayam Goreng Kampung dan Jerohan Sapi di Kebon Ndelik

Hai moms..

Mau cerita tentang ragam kuliner yang ada di Jogja lagi nih... Kali ini saya mau berbagi pengalaman mengenai tempat makan yang punya hidangan spesial ayam goreng kampung dan jerohan sapi. Tempat makan ini bernama rumah makan Kebon Ndelik. Unik kan namanya? Kebon artinya kebun, sedangkan ndelik artinya sembunyi. Jadi kebon ndelik itu kalau dalam bahasa Indonesia artinya kebun yang tersembunyi.

Sesuai namanya, resto ini memang tersembunyi. Letaknya berada di balik sebuah bangunan besar yang berada di jalan Bausasran 52 Yogyakarta. Saya dan keluarga sampai di lokasi sekitar pukul 15.30, suasana resto tampak sepi, maklum hujan baru saja reda. Resto ini cukup nyaman, tempat parkirnya juga luas. Bangunan utama merupakan sebuah joglo dengan sejumlah meja dan kursi yang ditata sebagai tempat makan.
Joglo Kebon Ndelik

Interior dalam Joglo Kebon Ndelik
Di Kebon Ndelik, kita bisa memilih mau makan di kursi atau di lesehan. Kalau menghendaki lebih privacy, di bagian belakang terdapat bangunan yang di tata seperti suasana warung kopi. Ada pula bangunan berbentuk rumah panggung yang bisa dipakai kalau kita datang berombongan dan ingin menikmati suasana yang beda dari atas.

Lesehan
Karena ingin lebih menikmati suasana, akhirnya kami mengambil tempat di bangunan sederhana yang ditata ala warung kopi. Sebuah meja berbentuk segi empat dengan 6 buah kursi yang ditata berkeliling terdapat di bangunan tersebut. Di bagian depannya diletakkan sebuah kursi panjang, untuk duduk-duduk menikmati suasana sambil menunggu hidangan datang. Di sisi kiri dari bangunan terhampar sebuah taman berumput hijau yang asri. Cocok untuk sekedar berfoto untuk kenang-kenangan.

Berikut gambaran suasana di Kebon Ndelik :
Gazebo berbentuk warung kopi

Serambi depan
Taman
Taman
Seperti tadi sudah saya sampaikan, Kebon Ndelik menawarkan menu ayam goreng kampung dan aneka jerohan sapi, mulai dari paru, iso, babat, limpo, dan lidah. Balungan sapi juga ada. Dan kali ini menu yang saya pilih adalah paha atas goreng, iso goreng, nasi putih, sambal bawang beserta lalapan.

Sebagai pelengkap saya memesan terong krispi, tahu dan tempe, serta jeruk nipis anget sebagai minumnya. Cukup cepat juga penyajiannya. Tidak lebih dari 15 menit semua hidangan telah tersaji, dan siap dinikmati..


Berikut reviewnya..
# Paha atas atau gendhing gorengnya lumayan besar. Tersaji di atas piring berwarna hijau. Tampilannya sederhana, tapi rasanya istimewa. Bumbunya meresap dengan sempurna, dagingnya empuk dan mois, tidak kering. Sangat cocok dimakan dengan nasi putih anget dicocol sambal bawang yang pedas.

#Nasi putihnya lumayan pulen, dengan porsi sedang yang mengenyangkan.

# iso gorengnya sedap sekali, empuk dan gurih. Tidak alot dan sudah terpotong kecil-kecil sehingga mudah menikmatinya.

# Untuk tahu dan tempe gorengnya matang sempurna. Berwarna kuning keemasan, dengan aroma bawang yang menggoda.

# Untuk terong krispinya tidak kalah lezatnya. Satu porsi cukup untuk 2 orang. Kriuk dan gurihnya pas. Ada sedikit rasa manis disetiap gigitannya. 

Secara keseluruhan hidangan di Kebon ndelik memuaskan, apalagi harganya juga bersahabat. Tempat makannya juga bersih dan nyaman. Harga ayam goreng per potong hanya 14rban, aneka jerohan mulai 9rban, menu pelengkap seperti tahu, tempe, aneka sayur dihargai 5rban per porsi, sambal bawang atau sambal trasi mentah cuma 3rban. Untuk minuman harga mulai 2rban. Lumayan murah dan meriah kan?
Menu warung Kebon Ndelik

Ingin ke sini juga? Ini saya berikan petunjuk arahnya.

Dari jembatan layang Lempuyangan lurus ke arah selatan sampai ketemu lampu merah perempatan Gayam. Kemudian belok ke arah barat kurang lebih 100 meter kiri jalan, ada spanduk bertuliskan kebon ndelik, masuk saja, karena anda sudah sampai di tujuan. Dan selamat menikmati hidangan lezat nan murah di sana..

Baca juga :
Menikmati Menu Tradisional dalam Suasana Kolonial

4 komentar:

  1. Wah, kalau masuk blog sini bawaannya terus laper :)
    Dan... bikin kangen Jogja huhuhu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk...yg punya blog hobi makan..hihi..ayo,,kapan ke jogja? Meet up yuuk..btw knp.blogku berantakan ya..fotonya ga bisa diksh caption..

      Hapus
  2. Mak NYUS saat melihat dari Blog ini ..... kapan kapan saya mau mampir beserta keluarga

    BalasHapus