Rabu, 09 Maret 2016

Kecombrang aka Honje

Kenal pertama dengan jenis tanaman ini sewaktu free trip ke Vietnam. Pada saat makan siang di sebuah resto setempat, ada hidangan sejenis salad yang amat menggugah selera..rasanya asem seger, tak terkatakan pokoknya.. waktu itu hidangan disajikan dalam sebuah piring lebar, berupa sayuran warna pink yang diiris tipis dicampur dengan dressing minyak olive dan ada remahan kacangnya..enaaak banget pokoknya. 

Sampai saya tanya ke guidenya, itu sayur apa. Sewaktu ditanyakan ke pihak restonya itu katanya sejenis bunga..asal tebak tadinya saya ngira itu bunga taratai...soalnya di sana isi dari bunga teratai( lotus seed) dipakai juga untuk masak.  Rasanya juga enak, seperti kacang...

Untung teman sebelah saya meluruskan, kalau di Indonesia itu namanya honje. Antara percaya dan tidak, sepulang dari sana, mulailah saya mencari tentang keberadaan honje ini. Pertama tentu dengan bertanya kepada om google. Dari situ muncul beberapa tulisan tentang honje yang dikenal juga dg sebutan kecombrang. Cukup terkenal juga ternyata bunga ini, beberapa resep masakan di beberapa daerah di indonesia menggunakan tanaman ini sebagai bumbu utama. Meskipun saya belum nemu resep semacam salad yang pernah saya coba di Vietnam. Kebanyakan resep yang ada menggunakan kecombrang sebagai campuran sambal untuk teman makan ayam atau ikan. 
penampakan bunga kecombrang
Pernah saya mencoba membuat sambal combrang berdasar resep dari teman yang menginfokan kalau kecombrang bisa didapat di Superindo. Dan ternyata kecombrang inilah yg dulu pernah saya makan di Vietnam, meskipun cara memasaknya beda, tapi bau khas dan rasa asam segar dari bunga ini yang tidak terlupa.. benar-benar sedaaap...

Bagi yang penasaran dan pengen nyoba masakan dengan bumbu kecombrang, ada tempat makan yang khusus menyajikan hidangan dengan menu kecombrang. Namanya Mak Combrang. Alamatnya di jalan Abu Bakar Ali no 2a Kotabaru. 

Suasana di Mak combrang resto
Saya kemarin ke sana dan memang hidangannya mak nyuss..baru nyobain ayam suwir kecombrangnys sih..tapi cukup puas. Bener-bener endess... ada lagi satu tempat makan khas kecombrang yang murmer, tempatnya di Nyah Tan Li Kasongan, Bantul.

2 komentar:

  1. unik ya...tp dengar namanya seperti mak comblang..haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. He3..iya..sengaja kali ya..biar mudah diingat...

      Hapus