Kamis, 10 Maret 2016

kadar iman kita..

Kalau ini, asli saya cuma copas ,dari seseorang yang share di fb, dan sekelebat terlihat di news feed saya...
Isinya begini :
Seorang teman bertanya kepada orang Soleh di dekat rumahnya, "Ustadz, sebenarnya iman itu apa sih?"

Orang soleh itu menjawab cukup panjang:

Jika hari ini kamu tidak punya uang, sementara kebutuhan keluargamu begitu besarnya, dan suasana hatimu tidak terpengaruh oleh keadaan itu, kamu tetap ceria seperti hari2 biasanya, itulah iman.

Jika hari ini tidak ada seorang pun pelanggan yang datang ke tokomu, sementara karyawanmu harus engkau pikirkan gajinya, dan itu tidak membuatmu jengkel, marah atau jadi temperamental, itulah iman.

Jika tagihan di meja keuanganmu menumpuk, sementara engkau merasa bisnis yang engkau jalani tampaknya buntu, sebentar lagi memasuki senjakalanya, dan itu tidak mempengaruhi jadwal shalat dan tadarrusmu, itulah iman!

Tetapi jika semua kondisi tadi merusak suasana hatimu, membuat engkau muram, malas tersenyum bahkan kepada keluargamu sendiri, apalagi sampai merubah jadwal ibadahmu, maka... hati-hatilah, karena itu salah satu tanda lemahnya ...

Jadi intinya adalah kalau kesulitan hidup menjadikanmu galau, tidak menikmati hidup, semakin jauh dari Allah, itu tandanya lemah iman kita..wah, termasuk yang manakah ya kita? Introspeksi yuuk...

Salam...
Nurul rivai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar