Jumat, 11 Maret 2016

choipan, dimsum khas pontianak

Semenjak gabung di grup WA langsung enak Jogja, banyak referensi aneka jenis masakan yang saya dapat. Dan senangnya, jenis masakan yang dishare berasal dari lintas daerah.

Salah satunya choipan ini. Makanan khas dari pontianak. Sejenis dimsum yg kulitnya terbuat dari campuran tepung beras dan tepung kanji dicampur air dan dimasak sampai menjadi adonan kental yang bisa dipulung. Isian dari choipan adalah serutan bengkoang yang ditumis bersama garam, bawang, ebi, dan merica yang dihaluskan, serta ditambah kecap asin.

Bentuk choipan seperti pastel yang direbus. Cara menikmati choipan adalah dengan menambahkan minyak.bawang dan dicocol dengan sambal. Sambal choipan terdiri dari campuran bawang,cabe, gula, dan cuka.

Rasa dari choipan ini.unik, gurih, krenyes-krenyes segar manis, dengan sedikit pedas dan asem. Kulitnya jg terasa lembut. Pas untuk jadi cemilan sehat, karena cara memasaknya dengan dikukus.

Sebagai koki pemula, saya berpendapat choipan ini termasuk kategori mudah. Yang membutuhkan ketelatenan adalah pada saat memasukkan isian ke dalam kulit. Karena kulitnya tipis sehingga kadang robek kalau kita ga hati-hati sewaktu melipat.
Choipan ala-ala saya

Penasaran pengen membuat sendiri? Ini resepnya.(di ambil dari web www.eenendah.web.id) :
Bahan kulit :
200 gr tepung beras
3 sendok makan tepung kanji
650ml air
1 sendok teh garam
3 sendok minyak sayur
Cara membuat :
Campur air, tepung beras, air, dan garam dan minyak, aduk hingga rata. Panaskan adonan tersebut sampai mnj adonan kental, sisihkan.

Bahan isi :
400gram bengkuang
50'gr ebi
3 sendok.minyak sayur
3 siung bawang
1sdm merica
Garam dan penyedap secukupnya (saya tambahi kecap asin)
Cara membuat :
Haluskan bawang, ebi, merica dan garam. Tumis bumbu halus dengan minyak, masukkan bengkoang,tambahkan penyedap dan kecap manis. Tunggu sampai matang, tes rasa. Tiriskan.
Selanjutnya pipihkan adonan choipan di atas tangan kita,dan masukkan isinya. Lipat seperti bentuk pastel. Ulangi sampai selesai. Selanjutnya tata choipan pada kukusan yang sudah dialasi daun pisang dan diolesi minyak. Kukus selama 15 menit.

Untuk minyak bawang, cincang bawang dan tumis ke dalam.minyak sayur sampai berwarna kuning keemasan. Taburkan minyak bawang ke atas choipan,choipan siap disantap bersama sambalnya.
Mudah bukan? Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar